Informasi Jadwal dan Jalur Masuk Program Pendidikan Spesialis

Penerimaan PPDS FK UNS dibuka dua kali dalam satu tahun; yaitu:

  1. Periode I, Pendaftaran Maret 2022, Masuk Kuliah Semester Agustus 2022 - Januari 2023.
  2. Periode II, Pendaftaran September 2022, Masuk Kuliah Semester Februari - Juli 2023.

Syarat-syarat pendaftaran

Untuk mendaftar syarat lolos administrasi, calon mahasiswa PPDS disyaratkan memiliki persyaratan:

  1. Usia maksimal saat mulai Pendidikan (1 Agustus 2021 untuk Periode I dan 1 Februari 2022 untuk Periode II) 35 tahun 0 bulan, Kecuali Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi maksimal 37 tahun 0 bulan, Prodi Patologi Klinik maksimal 37 tahun 0 bulan, dan Prodi Psikiatri maksimal 40 tahun 0 bulan.
  2. Tidak mempunyai Cacat / Kelainan Fisik
  3. Curriculum vitaesesuai format yang ditetapkan FK UNS ditandatangani bermeterei (diperoleh setelah melakukan pendaftaran online).
  4. IPK rata-rata Program Sarjana (S.Ked) dan Program Profesi (dr.) minimal 2,75. ((IPK S1 + IPK Profesi) : 2) >= 2,75 Kecuali Prodi Ilmu Penyakit Dalam, Prodi Jantung dan Prodi Dermatologi & Venereologi, IPK Sarjana (S.Ked) minimal 3,00 dan IPK Program Profesi (dr.) minimal 3.00. Dengan akreditasi Prodi Kedokteran (S1) dan Prodi Profesi Dokter minimal B (dibuktikan dengan Ijasah Sarjana dan Profesi, transkrip Sarjana dan Profesi, serta sertifikat akreditasi yang masih berlaku yang dilegalisir)
  5. Surat Ijin Belajar/Tugas Belajar:
    • Bagi PNS/PTT: dari Kepala Daerah (Bupati, Gubernur)/BKD/Sekretaris Daerah.
    • TNI/Polri: harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen Kuathan.
    • Bagi yang bekerja di instansi: Surat ijin dari Kepala Instansi/Lembaga.
  6. Formulir Pendaftaran dari Kemenkes bagi peserta Tubel Kemenkes.
  7. Surat Tanda Registrasi (STR) dokter umum (bukan STR internship) yang masih berlaku.
  8. Surat rekomendasi dari IDI yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek / pelanggaran kode etik kedokteran.
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  10. Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi:
    • Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya Pendidikan di atas materai untuk mandiri
    • Surat keterangan sponsorship/surat keterangan pembiayaan dari instansi jika mahasiswa tugas belajar dari daerah/kiriman instansi.
  11. Surat Keterangan telah melaksanakan internship (jika mengikuti program internship).
  12. Surat Keterangan PTT (jika ada).
  13. Sertifikat prestasi / Pendidikan (jika ada)
  14. Sertifikat nilai TPA BAPPENAS asli (jika ada).
  15. Sertifikat nilai bahasa Inggris asli (jika ada).
    Sertifikat yang diakui UNS adalah TOEFL ITP/TOEFL Internasional.
  16. Apabila calon peserta sudah memiliki syarat nomor 14 dan 15, maka tidak perlu mengikuti Ujian Tulis/Seleksi Tahap I. Skor yang tertulis pada sertifikat akan dijadikan skor hasil Ujian Tulis / Seleksi Tahap I (tidak menjamin kelulusan).
  17. Syarat no 1 dan 4 tidak berlaku bagi calon peserta yang berasal dari daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar) dan dibuktikan dengan surat rekomendasi Gubernur/Bupati. Dengan perincian seperti tercantum pada:
    • PP nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah tertinggal Tahun 2015 - 2019; dan atau
    • Surat dari Kementerian PPN/BAPPENAS nomor 2421/Dt.7.2/04/2015 Tanggal 21 April 2015 perihal Daerah 3T.

    Persyaratan tambahan / khusus:

    Neurologi (Saraf):

    • Bukan Penderita Psikotik atau schizophrenia
    • Tidak BUTA WARNA baik total maupun parsial
    • Tidak menderita HIV
    • Bukan Pemakai Narkoba
    • Bukan Penderita TB Aktif


    Informasi Prosedur Pendaftaran

    PROSEDUR PENDAFTARAN

    1. Calon mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id/Pilihan Program Studi yang dipilih, kemudian cetak hasil pendaftaranonlinetersebut sebagai bukti telah berhasil melakukan pendaftaranonline.
      Petunjuk teknis pendaftaran online dapat dilihat di link berikut
      Link Helpdesk Pendaftaran Online bisa join di group telegram berikut https://t.me/joinchat/MzmB4S8UEpZiM2I1
    2. Calon membayar biaya pendaftaran*) sebesarRp 500.000,-(lima ratus ribu rupiah)diBankMandiri, BNI, BTN, atau Bank Jatengdengan menuliskanNamadanNomor PendaftaranProgram PPDS pada Slip Pembayaran.
    3. Calon mengunggahfilePersyaratan Pendaftaran yang telah discan melalui internet pada laman http://www.spmb.uns.ac.id/dengan menggunakanNomor Pendaftaran dan Kode Aksesyang tercantum di Slip Pembayaran.
    4. Setelah Panitia melakukan Verifikasi Data, Peserta mencetakKartu Tanda Peserta Tesmelalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id/dengan menggunakanNomor Pendaftaran dan Kode Akses.
    5. MengikutiSeleksi Tahap 1,kecuali bagi Calon yang telah memenuhi syarat dalam point 13 dan 14.
    6. Melihat pengumuman Seleksi PPDS Tahap 1 di laman https://spmb.uns.ac.id/pada tanggal yang telah ditentukan.
    7. Bagi calon yang lolos seleksi tahap 1 diwajibkan:
      1. Membayar biaya seleksi tahap 2*) sebesarRp 700.000,- (Tujuh ratus ribu rupiah) diBank Mandiridengan menuliskanNamadanNomor PendaftaranPPDS yang baru (yang diperoleh pada Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1).
      2. Menyerahkan berkas pendaftaran di Sekretariat SPMB UNS:
        • PrintoutFormulir PendaftaranOnline rangkap 3;
        • Bukti pembayaran biaya seleksi tahap 2;
        • Dokumen persyaratan beserta lampirannya(masing-masing rangkap 3 dimasukkan ke dalam 3 amplop coklat), MelakukanMedical Check Up (MCU)dan Psikotes di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi (biaya ditanggung peserta).
    8. MengikutiSeleksi Tahap 2.
    9. Melihat pengumuman Seleksi PPDS Tahap 2 di laman https://spmb.uns.ac.id/ pada tanggal yang telah ditentukan.
    10. Melakukan registrasi ulang bagi yang diterima seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.

    Keterangan:
    *) Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali


    Daftar Komponen TesMedical Check Up(MCU)dari RSUD Dr Moewardi

    NO

    ITEM PELAYANAN

    KETERANGAN

    1

    Pemeriksaan Dokter Spesialis Penyakit dalam

    2

    Pemeriksaan Dokter Spesialis Mata

    3

    Pemeriksaan dokter jiwa

    4

    Foto Thorax

    5

    EKG

    6

    Laboratorium : Darah Rutin

    7

    Laboratorium : Urine Rutin

    8

    Laboratorium : Urine Narkoba

    9

    Laboratorium : SGPT

    10

    Laboratorium : GDP

    11

    Laboratorium : Kreatinin

    12

    Laboratorium : HBs Ag

    13

    Laboratorium : Ureum

    14

    Tes HIV

    15

    PP tes

    Khusus wanita peserta Prodi Jantung, IPD, THT-KL dan Radiologi

    16

    Test Buta Warna

    Khusus Bedah, Ortopaedi dan Anestesi

    17

    Test Riwayat Epilepsi

    Khusus Bedah, Ortopaedi dan Anestesi

    18

    Test Riwayat Penyakit Jantung

    Khusus Bedah dan Ortopaedi

    19

    Test Echo Treadmill

    Khusus Bedah dan Ortopaedi

    20

    Test Psikologi

    Khusus Bedah dan Ortopaedi

    21

    Audiometri

    Khusus THT-KL

    22

    Jasa Perangkum

    23

    Makan/Snack

    24

    Buku

    Catatan : Biaya MCU ditanggung oleh peserta, sesuai tarif dari RSDM.


    Jadwal SPMB
    KegiatanJadwal
    Pendaftaran Online

    Pendaftaran Online Seleksi Tahap 1 :

    1. Periode I : 14 Maret - 8 April 2023
    2. Periode II: 20 September 15 Oktober 2023
    Pembayaran Biaya Pendaftaran

    Pembayaran Biaya Pendaftaran Seleksi Tahap 1: 6 September - 1 Oktober 2023

    Upload Dokumen/Berkas

    Unggah Dokumen Seleksi Tahap 1: 6 September - 1 Oktober 2023

    Verifikasi Dokumen/Berkas

    Verifikasi Dokumen Tahap 1 : 15 September - 1 Oktober 2023

    Cetak Kartu Peserta

    Cetak Kartu Peserta Seleksi Tahap 1 : 15 September - 1 Oktober 2023

    Ujian

    Ujian Online Seleksi Tahap 1:

    1. Simulasi: 14 Oktober 2023
    2. Pelaksanaan: 16 Oktober 2023
    Pembayaran Biaya Pendaftaran

    Pembayaran Biaya Pendaftaran Seleksi Tahap 2: 25 - 29 Oktober 2023

    Pengiriman Dokumen

    Pengiriman Dokumen Seleksi Tahap 2: 25 - 29 Oktober 2023

    Ujian Khusus/Keterampilan/Wawancara

    Seleksi Tahap 2: 13 - 27 Nopember 2023

    Pengumuman Hasil Seleksi

    Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1: 22 Oktober 2023